Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore yang Jitu

Cara mengatasi download tertunda di Playstore itu sebenarnya tidak sulit. Jadi sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan dari teknisi.

Pada umumnya, banyak orang menganggap bahwa HP Androidnya rusak ketika tidak bisa mengunduh aplikasi atau pembaruan aplikasi di Playstore. Padahal, masalah tersebut adalah masalah yang cukup umum dialami oleh pengguna HP Android.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi proses download aplikasi ataupun pembaruan aplikasi di Playstore tertunda atau pending? Anda bisa mencoba beberapa cara yang dibahas lengkap di artikel ini.

Cara Mengatasi Download Tertunda Langsung dari Playstore

Jika proses pengunduhan aplikasi atau pembaruan di Playstore terhambat atau berada pada status pending, maka cara pertama untuk mengatasinya bisa langsung melalui Playstore itu sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi download tertunda langsung dari Playstore:

  • Cek Berapa Banyak Aplikasi yang Anda Unduh

Hal pertama yang bisa anda langsung cek di Playstore jika mengalami penundaan pengunduhan aplikasi adalah berapa banyak aplikasi yang anda unduh secara bersamaan.

Perlu anda ketahui, Playstore memang terkadang membatasi berapa banyak aplikasi yang bisa anda unduh secara bersamaan. Pembatasan tersebut biasanya tergantung dari banyak faktor.

Beberapa faktor yang digunakan untuk membatasi jumlah aplikasi yang bisa anda unduh secara bersamaan di Playstore adalah seperti kecepatan internet, ruang penyimpanan tersisa di HP Android, kapasitas RAM bebas di HP Android, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, jika anda memang tidak ingin sampai mengalami penundaan saat mengunduh aplikasi di Playstore, anda lebih disarankan untuk mengunduh aplikasi secara satu per satu saja.

  • Cek pengaturan auto update aplikasi

Selain karena anda mengunduh banyak aplikasi secara bersamaan, tertundanya proses pengunduhan aplikasi di Playstore juga bisa terjadi karena ada aplikasi yang sedang diperbarui secara otomatis oleh sistem.

Jika aplikasi yang mendapatkan pembaruan secara otomatis dari sistem ini cukup banyak, maka secara otomatis anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Kenapa? Karena sistem Android memang memprioritaskan proses pembaruan aplikasi yang sudah terpasang di perangkat terlebih dahulu daripada mengunduh aplikasi baru.

Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin mengalami penundaan ketika mau mengunduh aplikasi di Playstore, ada baiknya matikan saja auto update aplikasi di dalam Playstore.

Dengan mematikan fitur tersebut, maka anda tidak perlu khawatir harus menunggu setiap kali mau mengunduh aplikasi baru.

Hanya saja, mematikan fitur auto update aplikasi tersebut membuat anda harus cek secara manual apakah ada pembaruan untuk aplikasi yang saat ini sudah terpasang di HP Android anda.

Beragam Faktor Eksternal yang Menyebabkan Pengunduhan Aplikasi di Playstore Tertunda

Selain karena beberapa macam masalah langsung dari Playstorenya sendiri, sebenarnya masalah tertundanya proses pengunduhan aplikasi di Playstore juga bisa terjadi karena beberapa faktor eksternal.

Berikut ini merupakan beberapa macam faktor eksternal yang juga kerap menjadi penyebab proses pengunduhan aplikasi di Playstore menjadi tertunda atau pending:

  • Koneksi internet tidak stabil

Faktor eksternal pertama yang paling sering menyebabkan proses pengunduhan aplikasi di Playstore menjadi tertunda adalah karena koneksi internet HP Android anda.

Perlu anda ketahui, jika anda ingin proses pengunduhan aplikasi di Playstore berjalan lancar, maka pastikan koneksi internet yang anda gunakan benar-benar stabil.

Jika sampai koneksi internet anda tidak stabil, biasanya hal tersebut akan menyebabkan sistem Android menunda sementara proses pengunduhan aplikasi.

Kenapa? Karena hal tersebut untuk menjaga agar semua fungsi sistem Android bisa tetap berjalan secara maksimal selama koneksi internet tidak stabil.

  • Server Google sedang down

Jika bukan karena koneksi internet anda yang terlalu lambat atau tidak stabil, masalah tertundanya proses pengunduhan aplikasi di Playstore ini juga terkadang karena adanya masalah pada server Google.

Bila proses pengunduhan aplikasi di Playstore tertunda padahal koneksi internet anda sangat stabil, kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena server Google sedang down sesaat.

Biasanya jika memang karena server Google yang down, anda akan mendapatkan notifikasi error dengan kode tertentu saat mengunduh aplikasi di Playstore.

Beragam Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore yang Sudah Teruji Jitu

Lalu bagaimana jika semua cara tersebut tidak bisa membantu mengatasi masalah pengunduhan aplikasi yang tertunda di Playstore?

Bila semua hal yang dijabarkan tidak juga bisa membuat proses pengunduhan aplikasi di Playstore berjalan normal, maka anda bisa mencoba beberapa cara jitu berikut ini:

  1. Hapus cache Playstore

Tertundanya proses pengunduhan aplikasi di Playstore ini terkadang juga bisa karena crash cache. Oleh sebab itu, anda bisa coba hapus cache Playstore di HP Android anda.

Cara untuk menghapus cache di Playstore juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan HP Android.

Setelah itu, anda pilih menu Apps. Masuk ke aplikasi Playstore. Kemudian terakhir pilih clear cache.

Catatan:

Setelah menghapus cache di Playstore, kemungkinan anda akan diminta login kembali ketika membuka aplikasi Plastore.

  1. Perbarui versi Playstore

Bila menghapus cache Playstore tidak mengatasi masalah, anda bisa mencoba memperbarui versi Playstore di HP Android anda.

Untuk memperbarui versi Playstore, langkah-langkahnya serupa seperti ketika anda mau menghapus cachenya.

Hanya saja, ketika masuk ke aplikasi Playstore, cari apakah ada tombol update atau tidak. Bila tidak ada tombol update, maka aplikasi Playstore yang anda gunakan sudah merupakan versi terbaru.

  1. Restart HP Android

Jika ternyata Playstore yang anda gunakan sudah versi yang paling baru, maka cara berikutnya yang bisa anda coba adalah restart HP Android.

Pada umumnya, sistem Android akan kembali seperti semula setelah restart. Jika sudah kembali seperti semula, ada kemungkinan masalah pengunduhan aplikasi yang tertunda di Playstore juga bisa lenyap.

  1. Gunakan jaringan WIFI

Cara jitu berikutnya untuk mengatasi pending download aplikasi di Playstore adalah dengan menghubungkan HP Android dengan jaringan WIFI.

Dengan mendapatkan koneksi internet yang cepat, biasanya proses pengunduhan yang tertunda di Playstore akan secara otomatis teratasi.

Pasalnya, mayoritas pemicunya adalah masalah jaringan internet yang lambat atau tidak stabil.

  1. Matikan fitur mobile data limit

Cara yang terakhir, anda bisa cek apakah anda mengaktifkan fitur mobile data limit di HP Android yang anda miliki.

Cara untuk cek hal tersebut adalah dengan masuk ke menu Pengaturan. Setelah itu, masuk ke menu Data Usage. Pastikan anda tidak mencentang kolom mobile data limit.

Jika anda mengaktifkan fitur tersebut, maka sistem Android secara otomatis akan membatasi penggunaan kuota internet ketika anda sudah mendekati batas penggunaan yang anda tetapkan sendiri.

Oleh sebab itu, terkadang fitur tersebut membuat proses pengunduhan aplikasi baru di Playstore tertunda.

Bagaimana? Apakah anda sudah cukup paham mengenai apa saja penyebab munculnya masalah pengunduhan aplikasi tertunda di Playstore?

Dari sekian banyak cara mengatasi download tertunda di Playstore, cara yang mana yang sudah berhasil membantu anda?

Cara Mengatasi HP Ngeblank Baterai Tanam Tanpa Bongkar

Cara mengatasi HP ngeblank baterai tanam adalah hal yang paling banyak dicari oleh pengguna HP Android jaman sekarang.

Kenapa banyak orang mencari bagaimana caranya mengatasi HP yang ngeblank? Karena memang mayoritas HP Android jaman sekarang itu sudah menggunakan baterai tanam.

Sekilas, penggunaan baterai tanam pada HP Android jaman sekarang itu memang bisa memberikan banyak keuntungan.

Hanya saja, jika terjadi masalah, pengguna yang justru akan kesulitan, terutama kesulitan mematikan HPnya. Pasalnya, pengguna sudah tidak bisa dengan mudah melepas baterai untuk mematikan HPnya.

Lalu apa yang harus anda lakukan jika suatu saat HP Android baterai tanam yang anda miliki mengalami minimal masalah seperti hang atau blank? Baca bagaimana cara mengatasi masalah tersebut di artikel ini.

Apa Keuntungan Menggunakan Baterai Tanam di HP Android?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai macam cara untuk mengatasi HP Android baterai tanam yang hang atau blank, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa keuntungan menggunakan baterai tanam.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa mayoritas produsen HP Android menggunakan desain baterai tanam:

  • Produsen bisa dengan mudah membuat desain HP Android yang makin tipis.
  • Dengan menggunakan baterai tanam, produsen juga bisa memastikan penggunaan baterai dengan spesifikasi yang tepat di perangkat buatannya.
  • Penggunaan baterai tanam juga meningkatkan keawetan karena pengguna tidak bisa membongkar pasang baterai dengan mudah.

Secara garis besar, memang penggunaan baterai tanam di HP Android masa kini itu sebenarnya untuk kebaikan pengguna juga.

Beragam Cara Mengatasi HP Blank Dengan Kondisi Baterai Tanam

Seperti yang sudah dijabarkan, penggunaan baterai tanam di HP Android masa kini memang bisa memberikan banyak keuntungan.

Namun terlepas dari semua keuntungan tersebut, banyak orang juga kebingungan jika sampai mengalami masalah seperti HP blank maupun hang.

Pada umumnya, pengguna bisa dengan mudah mengatasi HP blank ataupun hang jika baterainya bisa dengan mudah dilepas. Namun bagaimana jika baterainya sekarang sudah tertanam?

Bagi anda yang mengalami masalah hang ataupun blank pada HP dengan baterai tanam, sebenarnya masih banyak cara untuk mengatasinya tanpa perlu melepas baterai.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda pakai untuk mematikan HP dengan baterai tanam yang blank ataupun hang:

  1. Tekan dan tahan tombol power agak lama

Jika HP anda menggunakan baterai tanam dan suatu saat mengalami hang atau blank, maka anda bisa mematikannya dengan cara menekan tombol power agak lama.

Masing-masing merek HP menggunakan pengaturan timer yang berbeda-beda untuk mematikan dengan menahan tombol power.

Ada merek HP yang hanya butuh waktu 15 detik, namun ada juga yang harus menunggu hingga 30 detik untuk bisa mati setelah menekan tombol power.

  1. Menekan tombol reset

Meskipun tidak bisa mengakses baterai, sebenarnya mayoritas produsen HP Android sudah memikirkan bagaimana cara mengatasi jika produknya hang atau blank.

Selain dengan menekan tombol power dengan durasi tertentu, anda sebenarnya juga bisa mengatasi HP baterai tanam yang blank atau hang dengan cara menekan tombol reset.

Ya, mayoritas HP Android itu sudah memiliki tombol reset. Hanya saja, banyak pengguna yang tidak mengetahui tentang hal tersebut.

Tombol reset HP Android itu memang tidak terlihat secara fisik. Biasanya, tombol reset HP Android itu berada di lubang yang sangat kecil. Untuk mengaksesnya anda membutuhkan jarum.

Tombol reset tersebut berfungsi untuk memulai kembali sistem operasi Android. Jadi fungsinya memang untuk mengatasi HP yang tiba-tiba hang ataupun blank.

Kenapa HP Android Bisa Sampai Hang atau Blank?

Selain mempelajari soal bagaimana cara mengatasi HP baterai tanam yang hang ataupun blank, sebenarnya lebih baik anda pelajari juga apa penyebabnya.

Dengan mengetahui apa penyebabnya, minimal anda bisa mengurangi risiko agar jangan sampai HP yang anda miliki blank ataupun hang.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko HP Android masa kini mengalami blank ataupun hang:

  • Menggunakan launcher custom

Alasan pertama kenapa HP Android bisa sampai hang ataupun blank adalah karena penggunaan launcher custom.

Apa itu launcher custom? Launcher custom adalah sebuah file tidak resmi yang dibenamkan di dalam sistem HP Android.

Pada umumnya, launcher custom ini untuk mempercantik atau memberikan fitur-fitur yang tidak ada sebelumnya.

Ketika menggunakan launcher custom ini, hardware HP Android biasanya yang mengalami masalah. Pasalnya, seringkali pembuatan launcher custom tanpa memikirkan kemampuan hardware HP.

Oleh sebab itu, HP Android yang menjalankan launcher custom seringkali mengalami hang, blank, dan hingga mati total.

  • Memori internal terlalu penuh

Bukan hanya karena menggunakan launcher custom saja, HP Android yang memori internalnya terlalu penuh juga berpotensi mengalami hang ataupun blank.

Dan terkadang HP Android yang memori internalnya terlalu penuh ini juga bisa mengalami kerusakan terutama pada IC memorynya.

Hal tersebut karena kinerja HP Android akan semakin berat untuk membaca semua data yang tersimpan di dalam memori internalnya.

  • Terlalu sering untuk menjalankan aplikasi berat

Jika bukan karena penggunaan launcher custom dan penuhnya memori internal, HP Android yang blank ataupun hang juga bisa karena terlalu dipaksa menjalankan aplikasi berat.

Ketika HP Android menjalankan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, maka komponennya akan bekerja berat. Dan hal tersebut lama kelamaan akan membuat HP menjadi hang ataupun blank. Dan bahkan hal ini bisa merusak HP secara total.

  • Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan

HP Android blank atau hang juga bisa terjadi karena alasan terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan.

Memang HP Android sekarang sudah menunjang aktivitas multitasking. Hanya saja, anda tetap harus berhati-hati.

Pasalnya, HP yang terlalu banyak membuka aplikasi akan lebih rentan mengalami hang atau blank karena memori RAMnya tidak memadai.

Dan bukan hanya itu, terkadang komponen IC memori dan CPU juga berpotensi cepat rusak jika terlalu sering multitasking.

Sekarang anda sudah cukup paham bukan apa yang harus dilakukan jika HP baterai tanam anda sampai hang atau blank? Lalu cara mengatasi hp ngeblank baterai tanam mana yang sudah pernah anda gunakan?

Cara Ekstrak File RAR di Android Paling Gampang

Cara ekstrak file RAR di Android itu memang berbeda dengan mengekstrak di PC ataupun laptop. Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka yang terbiasa mengekstrak file RAR di PC maupun laptop masih kebingungan ketika mau melakukannya di HP Android.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga sedang kebingungan mengenai bagaimana caranya untuk ekstrak file RAR di HP Android anda?

Berbicara soal ekstrak file RAR, sebenarnya sistem operasi Android sudah memberikan banyak pilihan cara.

Lalu apa saja pilihan cara ekstrak file RAR di HP Android tersebut? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Cara Ekstrak File RAR di HP Android Menggunakan Aplikasi RAR

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan PC ataupun laptop, tentunya anda sudah sangat familiar dengan software atau aplikasi Winrar bukan?

Sebenarnya, anda juga bisa menggunakan aplikasi serupa seperti Winrar di HP Android untuk ekstrak file RAR.

Nama aplikasi yang mirip dengan Winrar tersebut adalah RAR. Aplikasi tersebut bisa anda unduh dan gunakan secara gratis dari Playstore.

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di HP Android, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk ekstrak file RAR:

  1. Buka aplikasi RAR yang sudah terpasang di HP Android.
  2. Setelah itu, cari file RAR yang mau anda ekstrak.
  3. Klik pada file yang mau anda ekstrak, kemudian pilih icon ekstrak yang tepat berada di sebelah kiri icon tong sampah.
  4. Terakhir, pilih dimana anda mau menyimpan file hasil ekstrak nanti.

Lalu apa kelebihan ekstrak file RAR di HP Android menggunakan aplikasi RAR ini? Berikut ini adalah beberapa kelebihan aplikasi RAR:

  • Aplikasi yang memiliki antarmuka sangat sederhana sehingga tidak membingungkan untuk pemula.
  • Ukuran aplikasi sangat kecil sehingga tidak akan membebani memori internal HP Android anda.
  • Tidak hanya mendukung proses ekstraksi file RAR, aplikasi ini juga bisa membuka aplikasi dengan format zip serta ISO.

Cara Membuka File RAR di HP Android Dengan Aplikasi ZArchiver

Selain menggunakan aplikasi RAR, andapun bisa membuka file RAR dengan menggunakan aplikasi ZArchiver.

Sama halnya seperti aplikasi RAR, aplikasi ZArchiver ini juga bisa anda dapatkan secara gratis dari Playstore.

Lalu bagaimana caranya ekstrak file RAR dengan menggunakan aplikasi ZArchiver ini? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk ekstrak file RAR dengan ZArchiver:

  1. Buka aplikasi ZArchiver.
  2. Cari file RAR yang mau anda ekstrak.
  3. Klik file yang mau anda ekstrak dan kemudian pilih icon tiga titik vertikal.
  4. Pilih dimana anda mau menyimpan file hasil ekstraksi.
  5. Setelah itu, aplikasi ZArchiver akan langsung melakukan ekstrak pada file RAR.

Lalu apa kelebihan ekstrak file RAR dengan menggunakan aplikasi ZArchiver ini? Berikut ini merupakan beberapa kelebihannya:

  • Aplikasi ekstrak file dengan ukuran file yang sangat kecil yaitu hanya sebesar 3 MB saja.
  • Proses ekstraksi berjalan sangat cepat dan mudah.
  • Tampilan aplikasinya sangat mudah untuk dipahami bahkan oleh pemula.

Ekstrak File RAR Dengan Aplikasi ES File Manager

Sebenarnya anda tidak harus menggunakan aplikasi khusus untuk ekstrak file RAR. Sekarang sudah ada banyak aplikasi file manager yang juga memiliki fungsi ekstrak beragam ekstensi file.

ES File Manager adalah salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan jika ingin ekstrak file RAR langsung di HP Android.

Masalahnya, banyak orang yang belum mengetahui bagaimana caranya ekstrak file RAR menggunakan aplikasi seperti ES File Manager ini.

Berikut adalah langkah-langkah ekstrak file RAR di aplikasi ES File Manager:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi ES File Manager.
  2. Setelah itu, cari file yang mau anda ekstrak.
  3. Klik pada file tersebut.
  4. Pilih menu ekstrak dan tentukan dimana anda mau menyimpan file hasil ekstraksi.
  5. Setelah itu, tekan OK dan proses ekstraksi akan dimulai.

Lalu apa kelebihan menggunakan aplikasi ES File Manager ini untuk ekstrak file RAR? Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah memiliki banyak fungsi. Bukan hanya khusus untuk ekstrak file RAR, namun sekaligus untuk file manager.

Bagaimana Jika Anda Tidak Ingin Memasang Aplikasi Tambahan Untuk Ekstrak File RAR?

Dari sekian banyak cara yang sudah dibahas, memang semuanya mengharuskan anda untuk memasang aplikasi tambahan jika ingin ekstrak file RAR.

Lalu bagaimana jika HP Android yang anda miliki sudah tidak memiliki cukup memori untuk menampung aplikasi lain lagi?

Bagi anda yang tidak bisa ataupun tidak mau memasang aplikasi tambahan untuk ekstrak file RAR, sebenarnya masih ada satu solusi praktis lain untuk melakukan hal tersebut tanpa memasang aplikasi tambahan. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan ekstrak file RAR online.

Ada cukup banyak layanan ekstrak file RAR online yang bisa anda gunakan secara gratis. Salah satu layanan ekstrak RAR online tersebut adalah Extract.me.

Cara untuk ekstrak file RAR di website tersebut juga sangat mudah. Anda hanya perlu upload file RAR dari HP Android anda di website tersebut.

Setelah itu, tekan tombol ekstrak. Jika proses ekstraksi sudah selesai, anda hanya perlu mengunduh filenya saja.

Jadi bagaimana? Kalau anda sendiri, kira-kira anda lebih memilih cara yang mana untuk ekstrak file RAR di HP Android? Apakah anda memilih memasang aplikasi tambahan atau lebih memilih ekstrak file RAR secara online saja?

Cara Mempercepat Download di Chrome Android Terbaru

Cara mempercepat download di Chrome Android itu jauh berbeda dengan di PC ataupun laptop. Jika di PC atau laptop, kebanyakan orang hanya perlu memasang software tambahan seperti IDM ataupun Orbit untuk meningkatkan kecepatan download Chrome.

Tentunya hal tersebut tidak bisa anda lakukan pada aplikasi Chrome di HP Android. Pasalnya, belum ada aplikasi download manager sebagus IDM di dalam Playstore.

Hanya saja, meskipun belum ada aplikasi download manager yang bagus, anda sebenarnya tetap bisa meningkatkan kecepatan download aplikasi Chrome di HP Android.

Bahkan cara untuk mempercepat download aplikasi Chrome di HP Android itu jauh lebih mudah dari di perangkat PC ataupun laptop.

Lalu bagaimana caranya? Bagi anda yang ingin mengetahui langkah-langkah lengkapnya, anda bisa baca penjelasannya di artikel ini.

Beragam Hal yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mempercepat Proses Download di Aplikasi Chrome HP Android

Sebelum membahas langkah-langkah untuk mempercepat proses download aplikasi Chrome di HP Android, pertama-tama ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan agar proses mempercepat download di aplikasi Chrome Android bisa maksimal:

  • Perbarui terlebih dahulu versi aplikasi Chrome

Untuk memastikan proses mempercepat download di aplikasi Chrome bisa maksimal, sebaiknya anda perbarui versi aplikasi Chrome di HP Android melalui Playstore.

Dengan menggunakan aplikasi Chrome versi terbaru, anda tentunya bisa menikmati berbagai macam fitur terbaru. Dan tentunya hal tersebut juga sedikit banyak mempengaruhi kecepatan download nanti.

  • Hapus cache yang tersimpan di aplikasi Chrome

Setelah memperbarui versi aplikasi Chrome, selanjutnya anda juga perlu menghapus semua file cache yang tersimpan di dalam aplikasi Chrome.

Kenapa anda harus menghapus file cache tersebut? Hal tersebut karena semakin banyak file cache yang menumpuk, maka aplikasi Chrome akan bekerja makin berat.

Dengan menghapus file-file cache, maka anda bisa membuat aplikasi Chrome berjalan lebih ringan. Dan tentunya hal tersebut juga berdampak langsung pada kecepatan downloadnya nanti.

  • Pastikan HP Android berada di pengaturan jaringan 4G

Untuk bisa memaksimalkan kecepatan download aplikasi Chrome, andapun perlu memastikan bahwa HP Android yang anda miliki sudah di pengaturan jaringan 4G.

Pasalnya, proses download akan terasa sangat lambat jika HP Android yang anda miliki tidak menggunakan pengaturan jaringan 4G sebagai jaringan utamanya.

Langkah-Langkah Meningkatkan Kecepatan Download Aplikasi Chrome Android Dengan Fitur Parallel Downloading

Setelah melakukan beragam persiapan yang sudah dibahas sebelumnya, selanjutnya anda bisa mulai mengikuti langkah-langkah untuk meningkatkan kecepatan download dari aplikasi Chrome di HP Android.

Untuk meningkatkan kecepatan download di aplikasi Chrome Android, anda bisa memanfaatkan fitur tersembunyi yang bernama Parallel Downloading.

Apa itu Parallel Downloading? Parallel Downloading adalah fitur yang membuat aplikasi Chrome terhubung dengan beberapa koneksi untuk melakukan download satu file.

Prinsip kerja dari fitur Parallel Downloading pada aplikasi Chrome ini sebenarnya serupa dengan prinsip dari software IDM.

Jika anda perhatikan, software IDM akan melakukan download sebuah file dengan beberapa koneksi yaitu mulai dari bagian depan file, bagian tengah, dan juga bagian akhir file.

Dengan menggunakan beberapa koneksi tersebut, proses download tidak hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat, namun juga memastikan file yang terunduh juga aman dari kerusakan.

Lalu bagaimana caranya mengaktifkan fitur Parallel Downloading di aplikasi Chrome Android? Berikut ini cara mengaktifkan fitur tersebut:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Chrome di HP Android anda.
  2. Setelah itu, ketikkan “chrome://flags” (tanpa tanda petik) pada kolom address atau alamat website (lihat di gambar 1).

  1. Jika sudah, ketikkan Parallel Downloading pada kolom search yang tersedia.

  1. Pada umumnya, fitur Parallel Downloading ini masih berada pada pengaturan default. Ganti pengaturan fitur tersebut dari default menjadi enabled (lihat di gambar 3).

  1. Terakhir, anda hanya perlu restart aplikasi Chrome di HP Android untuk merasakan perubahan pengaturan tersebut.

Bagaimana? Apakah anda sudah bisa merasakan adanya perubahan setelah mempraktikkan cara mempercepat download di Chrome Android menggunakan fitur Parallel Downloading ini?

Cara Melihat MAC Address di Android Paling Mudah

Cara melihat MAC address di Android itu ada banyak sekali. Hanya saja, memang tidak semua cara tersebut mudah untuk dilakukan oleh semua orang.

Dari berbagai macam cara untuk melihat MAC address HP Android, ada beberapa yang membutuhkan pemahaman teknis seputar jaringan.

Namun demikian, masih ada cukup banyak cara mudah yang bisa anda gunakan untuk cek MAC address HP Android.

Apakah anda ingin mengetahui seperti apa cara cek MAC address HP Android yang mudah tersebut? Bila anda ingin mengetahui hal tersebut, anda bisa baca berbagai macam caranya di artikel ini.

Kenapa Anda Perlu Mengetahui MAC Address HP Android?

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara melihat MAC address di Android yang paling mudah, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa fungsi dari MAC address itu sendiri.

MAC Address sebenarnya adalah sebuah rangkaian kode yang menjadi identitas dari perangkat. Dengan adanya identitas yang jelas, maka masing-masing perangkat nantinya bisa berkomunikasi satu sama lain.

Contohnya saja, modem WIFI bisa menyalurkan jaringan internet ke HP Android anda karena sudah mengetahui identitas dari HP Android tersebut melalui MAC address.

Namun demikian, sebenarnya ada fungsi yang lebih spesifik dari kenapa anda harus mengetahui MAC address HP Android yang anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa fungsi spesifik dari MAC address:

  • Sebagai alat untuk mempermudah proses filter pada jaringan WIFI

Fungsi MAC address yang pertama dan yang paling sering digunakan adalah untuk filter jaringan WIFI.

Dengan adanya MAC address, anda bisa dengan mudah mengunci agar tidak semua orang bisa menggunakan jaringan WIFI yang anda miliki.

Jadi meskipun ada yang mengetahui password WIFI anda, mereka belum tentu bisa terkoneksi dengan jaringan WIFI. Pasalnya, MAC address perangkat mereka tidak masuk ke daftar yang diijinkan menggunakan jaringan WIFI.

  • Memudahkan proses identifikasi perangkat curian

Selain biasa untuk filter pada jaringan WIFI, MAC address juga bisa berfungsi untuk memudahkan proses identifikasi perangkat hasil curian.

Jika ada perangkat yang hilang, cara yang paling mudah untuk membedakan perangkat tersebut merupakan perangkat curian atau tidak adalah melalui MAC addressnya. Pasalnya, MAC address setiap perangkat tidak bisa diganti seperti halnya IMEI.

Cara Melihat MAC Address di Android Tanpa dan Dengan Aplikasi Tambahan

Setelah mengetahui kenapa anda harus mengetahui MAC address perangkat atau HP Android yang anda miliki, selanjutnya anda bisa mempelajari bagaimana cara cek MAC address HP Android anda.

 

Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui MAC address HP Android anda tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

  1. Dengan melalui menu pengaturan HP Android

Cara pertama untuk melihat MAC address HP Android anda adalah melalui menu pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting pada HP Android.
  • Setelah itu, masuk ke menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Kemudian pilih Status.
  • Cari Mac Address.

Pada umumnya, MAC Address perangkat HP Android itu terdiri dari 12 digit kombinasi angka dan huruf. Masing-masing angka dipisahkan dengan tanda titik dua.

  1. Dengan menggunakan kode dial di HP Android

Selain bisa anda temukan dari menu Pengaturan atau Setting HP Android, anda juga bisa mengetahui MAC address HP Android dengan menggunakan kode dial.

Kode dial untuk cek MAC address HP Android adalah “##29889##”. Hanya saja, tidak semua HP Android mendukung pencarian MAC address menggunakan kode dial tersebut.

  1. Dengan menggunakan aplikasi MAC Address Finder

Cara cek berapa MAC Address HP Android yang ketiga ini adalah yang paling mudah. Yang perlu anda lakukan hanyalah memasang aplikasi bernama MAC Address Finder.   Aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis dari Playstore.

Menariknya, selain bisa menunjukkan MAC Address HP Android yang anda miliki, aplikasi tersebut juga bisa menunjukkan MAC Address semua perangkat yang terhubung di jaringan yang sama dengan HP anda.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah cukup paham bukan mengenai bagaimana cara melihat MAC address di Android? Dari berbagai macam cara tersebut, mana yang paling anda anggap mudah?