Apa Rencana Anda Selanjutnya, Lulus Sarjana Lanjut Kerja Atau S2?

Bagi sebagian besar mahasiswa semester akhir, wisuda adalah momen berharga yang paling ditunggu-tunggu. Dan pastinya sangatlah berkesan bagi mereka termasuk anda. Bayangkan setelah menempuh proses pembelajaran tingkat mahasiswa, pastinya sangat bangga bila nantinya dinyatakan lulus dan sedianya menyandang gelar sarjananya. Namun terbesit dalam pikiran anda, setelah lulus sarjana lanjut kerja atau S2?

Mengenai hal tersebut pastinya membuat anda bimbang dalam memilih prospek ke depannnya setelah anda lulus kuliah. Nah ada yang perlu anda pikirkan matang-matang lagi setelah anda sudah dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjananya. Menurut mimin sendiri itu merupakan hal yang wajar, namun bagi anda yang memang terbilang masih fresh. Mimin sarankan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya yakni S2. Akan tetapi anda harus memperhatikan segala sesuatunya.

Lulus Sarjana Lanjut Kerja atau S2? Pilihan Yang Sangat Menarik

Bagi mimin sendiri opsi lulus sarjana lanjut kerja atau S2 setelah lulus sarjana merupakan pilihan yang sangat menarik untuk kita bahas. Karena banyak para sarjana S1 yang belum tahu pastinya peluang mereka diterima dalam pekerjaan masing-masing. Dan belum tentu juga para sarjana S1 ingin melanjutkan jenjang berikutnya yakni S2. Jadi sudah semestinya anda menyimak baik-baik pokok bahasan mimin kali ini.

Ada beberapa pertimbangan bagi anda yang ingin langsung bekerja setelah lulus S1.

  • Pertama, carilah posisi MT (Management Trainee). Dalam posisi tersebut anda nantinya bakal memperoleh berbagai pelatihan. Yang mana difasilitasi oleh perusahaan tempat anda bekerja. Pastinya untuk persiapan jenjang karir yang lebih bagus seperti halnya persiapan menjadi calon manajer.
  • Kedua, ketika anda baru lulus S1 dan langsung mendaftarkan diri anda untuk bekerja. Namun dibutuhkan persyaratan pengalaman kerja. Anda jangan langsung putus asa, bisa anda atasi dengan daftar list pengalaman dalam organisasi, kemudian project yang sudah anda kerjakan, dan adanya pehargaan yang sudah anda peroleh. Setidaknya anda harus pandai dalam meyakinkan perusahaan tersebut. Bahwasanya anda merupakan pribadi yang memang ingin belajar dan mandiri.
  • Ketiga, sebelum anda melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan. Pastikan anda tahu mengenai kemampuan anda sendiri dan juga passion anda dalam bidang apa. Hal ini memang sangat perlu anda perhatikan, daripada nantinya anda menyesal.
  • Keempat, ketika anda sudah mencapai batasan interview soal besaran gaji anda nantinya. Sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu terkait standar gaji dalam bidang pekerjaan yang anda inginkan tersebut. Setidaknya anda punya referensi atau acuan besaran gaji.
  • Kelima, sebagai lulusan sarjana yang smart, anda harus bisa membaca peluang perkembangan jenjang karier anda diperusahaan tersebut nantinya. Dengan kata lain, apakah dengan ijasah S1 anda tersebut karier anda mendapat prioritas utama dalam perusahaan.

Kemudian bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya S2, juga harus mempertimbangkan hal ini.

  • Ketika anda lulus sarjana S1, pastinya ketika hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Paling tidak anda harus mempunyai pengalaman kerja sekian tahun. Lalu pengalaman kerja apa yang bakal anda tunjukan pada pihak perusahaan tersebut?
  • Pada saat anda lulus sarjana S1, pastinya banyak lulusan yang sama2 ingin bekerja di tahun tersebut. Pastinya saingan anda dalam melamar pekerjaan sangatlah banyak. Sedangkan jumlah lowongan pekerjaan tidaklah sebanding dengan jumlah para pelamar pekerjaan. Untuk itu tidak ada salahnya untuk melanjutkan jenjang S2.
  • Mumpung masih fresh lulusan sarjana S1, pastinya anda inging melanjutkan ke jenjang berikutnya S2. Yang mana nantinya anda bisa dengan mudah membaca peluang yang ada dalam pekerjaan nantinya.

Dari beberapa pertimbangan di atas, setelah lulus sarjana lanjut kerja atau S2, yang bisa memilih dan memutuskan adalah diri anda sendiri. Pertimbangan di atas hanya sebagai gambaran saja, ketika nanti anda sudah lulus sarjana S1 dan mendapatkan gelar sarjananya.