Diperpanjang Hingga 2022, Begini 2 Cara Cek Bansos

Untuk diketahui, Pemerintah lewat Kemensos sudah memutuskan bahwa bansos DTKS Kemensos untuk program PKH 2021 dan BPNT akan terus disalurkan sampai Desember 2021. Bantuan PKH 2021 dikala ini sudah memasuki penyaluran Tahap 3 pada bulan September 2021.

Program bantuan sosial (bansos) bagi penduduk miskin yang terdampak musibah pandemi Covid-19 akan tetap bergulir hingga tahun2022. berapa dana yang dianggarkan? untuk kelanjutan bansos sebesar Rp 74,08 triliun. “Bantuan sosial untuk penduduk miskin dan rentan, terus bergulir.

Menurut kabar yang di terima sebaian orang bantuan itu di berhentikan tapi nyatanya itu tidak benar kalau Kementerian Sosial menghentikan program bansos,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini. Lantas, bagaimana sih cara cek penerima bansos? Berikut ini ada dua cara cek bansos bisa lewat cekbansos.kemensos.go.id maupun juga aplikasi.

Cara cek penerima bansos di cekbansos.kemensos.go.id

  • Hal pertama yang harus di persiapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk melakukan pengecekan penerima bansos via cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut langkah-langkah selanjutnya untuk mengecek bansos melalui website/laman resmi Kemensos:

  1. Kunjungi website http://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
  3. Ketikkan nama penerima manfaat
  4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  6. Lalu klik tombol “Cari Data”


Dan sistem akan mencocokan nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput juga akan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.
Bagi masyarakat yang layak menerima bansos, dapat mendaftarkan diri ke desa atau kelurahan, dinas sosial, atau RT dan RW.

Selain itu, masyarakat dapat melaporkan diri melalui situs cek bansos, dengan memilih fitur “Usul”. Untuk melaporkan KPM yang tidak layak bansos, bisa lewat fitur “Sanggah”.

Cara cek penerima bansos lewat aplikasi Cek Bansos

Seperti yang dikutip dari Media Kompas, pada (21/8/2021), cara ke dua untuk mengecek penerima bansos apakah Anda termasuk sebagai penerima bansos dari pemerintah, yaitu melalui Aplikasi Cek Bansos:

Inilah langkah-langkahnya cara cek penerima bansos via aplikasi Cek Bansos :

  1. Unduh “Aplikasi Cek Bansos” melalui PlayStore. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari Kemensos.
  2. Lakukan registrasi menggunakan user ID yang telah diverfikasi oleh admin Kemensos.
  3. Siapkan Nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP saat melakukan registrasi.Menurut penelusuran Kompas.com, aplikasi akan meminta foto KTP dan selfie dengan KTP saat registrasi.
  4. Setelah mendaftar isi kode OTP yang dikirimkan ke email Anda. Lalu Anda akan diminta menunggu data-data tersebut diverifikasi oleh petugas.
  5. Setelah diverifikasi, Anda dapat mengakses menu pada Aplikasi Cek Bansos.
  6. Pilih menu Cek Bansos.
  7. Masukkan data dan pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan/desa tempat Anda tinggal.
  8. Kemudian, Anda akan diarahkan ke laman hasil pencarian penerima manfaat.

Dengan kabar Bansos diperpanjang hingga 2022 Diketahui, bantuan yang tetap dilanjutkan sampai tahun depan adalah bansos reguler dan bansos khusus.

  • Untuk bansos reguler meliputi Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Sedangkan untuk bansos khusus yaitu Bantuan Sosial Tunai (BST).

Dan yang lebih menariknya, bantuan lainnya seperti Kartu Prakerja, bantuan langsung untuk UMKM, subsidi listrik dan lainnya akan terus bergulir.