Cara Mengatasi HP Ngeblank Baterai Tanam Tanpa Bongkar

Cara mengatasi HP ngeblank baterai tanam adalah hal yang paling banyak dicari oleh pengguna HP Android jaman sekarang.

Kenapa banyak orang mencari bagaimana caranya mengatasi HP yang ngeblank? Karena memang mayoritas HP Android jaman sekarang itu sudah menggunakan baterai tanam.

Sekilas, penggunaan baterai tanam pada HP Android jaman sekarang itu memang bisa memberikan banyak keuntungan.

Hanya saja, jika terjadi masalah, pengguna yang justru akan kesulitan, terutama kesulitan mematikan HPnya. Pasalnya, pengguna sudah tidak bisa dengan mudah melepas baterai untuk mematikan HPnya.

Lalu apa yang harus anda lakukan jika suatu saat HP Android baterai tanam yang anda miliki mengalami minimal masalah seperti hang atau blank? Baca bagaimana cara mengatasi masalah tersebut di artikel ini.

Apa Keuntungan Menggunakan Baterai Tanam di HP Android?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai macam cara untuk mengatasi HP Android baterai tanam yang hang atau blank, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa keuntungan menggunakan baterai tanam.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa mayoritas produsen HP Android menggunakan desain baterai tanam:

  • Produsen bisa dengan mudah membuat desain HP Android yang makin tipis.
  • Dengan menggunakan baterai tanam, produsen juga bisa memastikan penggunaan baterai dengan spesifikasi yang tepat di perangkat buatannya.
  • Penggunaan baterai tanam juga meningkatkan keawetan karena pengguna tidak bisa membongkar pasang baterai dengan mudah.

Secara garis besar, memang penggunaan baterai tanam di HP Android masa kini itu sebenarnya untuk kebaikan pengguna juga.

Beragam Cara Mengatasi HP Blank Dengan Kondisi Baterai Tanam

Seperti yang sudah dijabarkan, penggunaan baterai tanam di HP Android masa kini memang bisa memberikan banyak keuntungan.

Namun terlepas dari semua keuntungan tersebut, banyak orang juga kebingungan jika sampai mengalami masalah seperti HP blank maupun hang.

Pada umumnya, pengguna bisa dengan mudah mengatasi HP blank ataupun hang jika baterainya bisa dengan mudah dilepas. Namun bagaimana jika baterainya sekarang sudah tertanam?

Bagi anda yang mengalami masalah hang ataupun blank pada HP dengan baterai tanam, sebenarnya masih banyak cara untuk mengatasinya tanpa perlu melepas baterai.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda pakai untuk mematikan HP dengan baterai tanam yang blank ataupun hang:

  1. Tekan dan tahan tombol power agak lama

Jika HP anda menggunakan baterai tanam dan suatu saat mengalami hang atau blank, maka anda bisa mematikannya dengan cara menekan tombol power agak lama.

Masing-masing merek HP menggunakan pengaturan timer yang berbeda-beda untuk mematikan dengan menahan tombol power.

Ada merek HP yang hanya butuh waktu 15 detik, namun ada juga yang harus menunggu hingga 30 detik untuk bisa mati setelah menekan tombol power.

  1. Menekan tombol reset

Meskipun tidak bisa mengakses baterai, sebenarnya mayoritas produsen HP Android sudah memikirkan bagaimana cara mengatasi jika produknya hang atau blank.

Selain dengan menekan tombol power dengan durasi tertentu, anda sebenarnya juga bisa mengatasi HP baterai tanam yang blank atau hang dengan cara menekan tombol reset.

Ya, mayoritas HP Android itu sudah memiliki tombol reset. Hanya saja, banyak pengguna yang tidak mengetahui tentang hal tersebut.

Tombol reset HP Android itu memang tidak terlihat secara fisik. Biasanya, tombol reset HP Android itu berada di lubang yang sangat kecil. Untuk mengaksesnya anda membutuhkan jarum.

Tombol reset tersebut berfungsi untuk memulai kembali sistem operasi Android. Jadi fungsinya memang untuk mengatasi HP yang tiba-tiba hang ataupun blank.

Kenapa HP Android Bisa Sampai Hang atau Blank?

Selain mempelajari soal bagaimana cara mengatasi HP baterai tanam yang hang ataupun blank, sebenarnya lebih baik anda pelajari juga apa penyebabnya.

Dengan mengetahui apa penyebabnya, minimal anda bisa mengurangi risiko agar jangan sampai HP yang anda miliki blank ataupun hang.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko HP Android masa kini mengalami blank ataupun hang:

  • Menggunakan launcher custom

Alasan pertama kenapa HP Android bisa sampai hang ataupun blank adalah karena penggunaan launcher custom.

Apa itu launcher custom? Launcher custom adalah sebuah file tidak resmi yang dibenamkan di dalam sistem HP Android.

Pada umumnya, launcher custom ini untuk mempercantik atau memberikan fitur-fitur yang tidak ada sebelumnya.

Ketika menggunakan launcher custom ini, hardware HP Android biasanya yang mengalami masalah. Pasalnya, seringkali pembuatan launcher custom tanpa memikirkan kemampuan hardware HP.

Oleh sebab itu, HP Android yang menjalankan launcher custom seringkali mengalami hang, blank, dan hingga mati total.

  • Memori internal terlalu penuh

Bukan hanya karena menggunakan launcher custom saja, HP Android yang memori internalnya terlalu penuh juga berpotensi mengalami hang ataupun blank.

Dan terkadang HP Android yang memori internalnya terlalu penuh ini juga bisa mengalami kerusakan terutama pada IC memorynya.

Hal tersebut karena kinerja HP Android akan semakin berat untuk membaca semua data yang tersimpan di dalam memori internalnya.

  • Terlalu sering untuk menjalankan aplikasi berat

Jika bukan karena penggunaan launcher custom dan penuhnya memori internal, HP Android yang blank ataupun hang juga bisa karena terlalu dipaksa menjalankan aplikasi berat.

Ketika HP Android menjalankan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, maka komponennya akan bekerja berat. Dan hal tersebut lama kelamaan akan membuat HP menjadi hang ataupun blank. Dan bahkan hal ini bisa merusak HP secara total.

  • Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan

HP Android blank atau hang juga bisa terjadi karena alasan terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan.

Memang HP Android sekarang sudah menunjang aktivitas multitasking. Hanya saja, anda tetap harus berhati-hati.

Pasalnya, HP yang terlalu banyak membuka aplikasi akan lebih rentan mengalami hang atau blank karena memori RAMnya tidak memadai.

Dan bukan hanya itu, terkadang komponen IC memori dan CPU juga berpotensi cepat rusak jika terlalu sering multitasking.

Sekarang anda sudah cukup paham bukan apa yang harus dilakukan jika HP baterai tanam anda sampai hang atau blank? Lalu cara mengatasi hp ngeblank baterai tanam mana yang sudah pernah anda gunakan?